Senin, 24 September 2012

dadaisme,surrialisme,dan kontruktifisme

TUGAS KRITIK SENI RUPA
ALIRAN DADAISME,SUREALISME, DAN KONTRUKTIFISME PENGERTIAN, TOKOH, DAN PERKEMBANGAN

NAMA
YUNI DEVIA
04152010



DOSEN PENGAMPU
NOFRIAL S.Sn M.Sn


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NASIONAL
INSTITUT SENI INDONESIA PADANG PANJANG
FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN
JURUSAN KRIYA
2012-09-22












KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas kritik seni rupa
Seperti yang kita ketahui bahwa mengetahui tentang kritik seni rupa dan aliran aliran  seni rupanya itu amatlah penting, karena belajar apapun pasti kita tetap harus mengetahui latar belakangnya.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dan semoga dengan selesainyamakalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca, Amin.



          Padang Panjang, 23 september 2012



               Penulis















DADAISME
            1.PENGERTIAN
            Dada atau dadaisme merupakan gerakan budaya yang lahir di wilayah netral yaitu zurich, switzerland, selama masa perang dunia 1. Gerakan ini meliputi seni visual, sastra, teater, dan desain grafis.
            Aliran dadaisme merupakan isyarat yang nihilistik dari aliran berikutnya, surealisme sebagai produk yang histeris dari situasi perang dunia 1. Sifatnya dapat di katakan anti seni, anti perasaan dan cenderung merefleksikan kekasaran dan kekerasan.
                2. TOKOH TOKOH
                Tokoh tokohnya yang pernah berkecimpung dalam dadaisme adalah:
-          G. Gross
-          Max ernst
-          Hans arp
-          Marcel ducham
-          Picabia
-          Hugo ball (swiss)
-          Johannes beader (jerman)
Karyanya seba aneh seperti mengkopi lukisan monalisa tapi di kasih kumis. Tempat kencing di beri judul “dan di pamerkan”. Di lakukan juga metode kolose,bahkan dengan material lebih besar volumenya seperti kayu dan rongsokan barang, sedangkan dalam kubisme sintetis masih terbatas dengan sobekan koran, menaburi pasir.
3. perkembangan
Secara keseluruhan, gerakan ini tidak stabil menjelang tahun 1924, dadaime berubah menjadi surealisme. Para pengikutnya mencari ide dan gerakan Lain untuk aliran selanjutnya.
                Secara keseluruhan, gerakan ini tidak stabil. Menjelang tahun 1924, Dada berubah menjadi surealisme. Para pengikutnya mencari ide dan gerakan lain, Surealisme, Realisme Sosial, dan sebagainya. Beberapa pakar menolak menyebut Dada sebagai awal seni postmodern. Menjelang akhir Perang Dunia II, banyak Dadais Eropa yang melarikan diri atau beremigrasi ke Amerika Serikat. Beberapa seniman Dada mati di camp kematian Hitler, yang menyebut Dadaisme sebagai gerakan seni yang buruk. Gerakan ini mengalami kemunduran setelah optimisme pasca perang menumbuhkan banyak gerakan dalam bidang seni dan sastra. Dada merupakan inspirasi bagi berbagai gerakan anti seni, politik dan budaya, seperti Situasionis dan kelompok penekan budaya macam Masyarakat Kakofoni (Cacophony Society). Saat para Dadais Zürich tengah mengadakan pertunjukan di Cabaret Voltaire, Vladimir Lenin menulis rencana revolusioner Rusia di apartemen dekat gedung itu. Dia tidak begitu peduli dengan aktivitas revolusi seni. Tom Stoppard menggunakan kebetulan itu sebagai ide dramanya Travesties (1974), dengan Tzara, Lenin dan James Joyce sebagai karakter yang dimainkan.
 Cabaret Voltaire tak lagi dipakai hingga para neo Dadais pimpinan Mark Divo menggelar pertunjukan bulan Januari hingga Maret 2002. Kelompok itu meliputi Jan Thieler, Ingo Giezendanner, Aiana Calugar, Lennie Lee dan Dan Jones. Setelah mereka mengasingkan diri, tempat itu menjadi museum sejarah Dada. Karya Lennie Lee dan Dan Jones mengantung di dinding-dinding museum itu. Beberapa peneliti telah menemukan pengaruh Dada pada seni dan masyarakat. Tahun 1967, pertemuan yang diadakan untuk mengenang kembali gerakan ini diadakan di Paris, Prancis. Tahun 2006, Museum Seni Modern di New York City mengadakan pameran Dada bersama Galeri Seni Nasional (National Gallery of Art) di Washington D.C. dan Centre Pompidou di Paris.






















SUREALISME     
1.       PENGERTIAN
Surealsme adalah gerakan budaya yang bermula pada pertengahan tahun 1920 an.
Surealisme pada awalnya merupakan gerakan sastra yang ditemukan oleh APOLLINAIRE untuk menyebut namanya. Istilah itu diambil alih oleh ANDRE BETON untuk manifesto kaum surealis. Dalam kreativitas seninya, kaum realis berusaha membebaskan diri dari kontrol kesadaran, menghendaki besar, sebebas orang bermimpi. Gerakan itu sangat dipengaruhi ajaran ilmu jiwa dalam terutama psikoanalisis.
2.       TOKOH TOKOH REALIS
SIGMUND FREUD  dalam gerak selanjutnya terlihat ada tedensi menuju bentuk-bentuk realis. Namun dalam hubungan aneh seperti pada lukisa SALVADOR DALI, SUDIBIO, dan SUDIARJO yang disebut sebagai fotografis, sedangkan pada SOAN MIRO dan A. MASSON. Disebut dengan surealisme amosfisis. (SOEGENG TOEKIO, 1987:41-42)
Lebih lanjut Soegeng Toekio memberikan batasan-batasan dalam seni rupa terhadap aliran-aliran ranting yang bersifat kontemporer antara lain adalah:
1.       Fauvisme, memiliki arti “binatang jalang”. Fauvisme adalah suatu reaksi terhadap reaksi terhadap metodime yang lamban dan tidak tepat dalam neo impresionisme seurat dan sgnac. Ciri-ciri fauvisme adalah pada “ketepatan bukan selalu kebenaran”. Tokoh- tokohnya antara lain adalah DELACROIX, DAVID dan di Indonesia adalah Raden Shaleh.
2.       Kubisme sebagai suatu aliran dalam seni lukis. Kubis mempergunakan shape-shape geometri (segitiga, kubus, dan lain- lain) dalam karya-karyan ya. Karya-karyanya kubisme dapat dilihat pada karya PABLO PICASSO. Yang juga terkenal sebagai Bapak Kubisme dan George Braque.
3.       Futurime merupakan aliran yang muncul di itali tahun 1909 yang mendobrak faham kubisme yang di pandang statis dalam hal komposisi, garis, warna, serta ritmenya. Futurisme adalah seni untuk masa datang, yang menguasai masa depan.
4.       Dadaisme sering di sebut juga sebagai aliran anti seni (anti dalil dan pengertian seni yang ada) anti perasaan, bahkan cenderung menonjolkan kekerasan serta kejorokan. Karya- karyanya serba aneh seperti halnya mengkopi Monalisa karya Leonardo Davinci tetapi di tambah kumis. Pispot dari tempat sampah diangkat sebagai karya dan diberi judul untuk dipamerkan.
5.       Abstrak sionalisme merupakan aliran dalam seni rupa yang mengungkapkan sesuatu kenyataan yang ada dalam dunia bathin seseorang.
6.       Optcal art (op art) adalah salah satu seni non objektif atau non figuratif. Jadi termasuk dalam kelompok seni abstrak, kita akan tertipu dengan adanya ilusi lainnya tampil solah-olah keluar ruang.
7.       Populair art (pop art) adalah suatu aliran yang mengunakan benda benda yang dapat ditemui di sekitar kehidupan kita sebagai kehidupan kita sebagai objek seninya.






















KONSTRUKTIFISME
1.      pengertian
            Konstruktifisme dapat juga dikatagorikan dalam seni abstrak dan lebih dominan dengan seni rupa tiga dimensional.
            Konstruktifisme adalah pergerakan seni rupa yang berkembang di rusia pada awal abad 20.
Tokoh tokoh dalam kontruktifisme antara lain adalah:
·         A pevsner
·         Naum gabo
·         Vladimir tatlin
·         A. Rodchenko
·         A. Calder (yang lantaran patungnya bergerak gerak dapat nama mobilisme)
Pada tahun 1920 mereka membuat pameran besar yang di ikuti tokoh- tokohnya antara lain:
Antoine pevner, dan
Naum gogo
Pada kesempatan yang sama mempublikasikan manifetonya, dengan mengulang klaimnya tentang seni dengan kecepatan mesin waktu dan menempatkan pengamat ditengah tengah gambar.
Patung yang bisa bergerak dengan banyak macam dan ragamnya, di Amerika di kenal dengan istilah kinetic sculpture. Tenaga penggeraknya bermacam macam, ada yang melalui angin, air, baterai, dan listrik.
Para eksponen gerakan ini menciptakan patung, relief, konstruksi- konstruksi, dan skema-skema arsitektur dengan material baru seperti plastk transparan besi, kawat, dan kaca. Secara umum mereka menggagas interaksi visual antara bentuk dan ruang dengan mengemukakan konepsi konepsi ruang dan masa yang menepati ruang. Kelompok ini menerima pekerjaan umum (welding) dalam pembuatan patung sebagai teknik penciptaan karya.
Teori Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Ini menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis. Pendekatan konstruktivisme mempunyai beberapa konsep umum seperti:
  1. Pelajar aktif membina pengetahuan berasaskan pengalaman yang sudah ada.
  2. Dalam konteks pembelajaran, pelajar seharusnya membina sendiri pengetahuan mereka.
  3. Pentingnya membina pengetahuan secara aktif oleh pelajar sendiri melalui proses saling memengaruhi antara pembelajaran terdahulu dengan pembelajaran terbaru.
  4. Unsur terpenting dalam teori ini ialah seseorang membina pengetahuan dirinya secara aktif dengan cara membandingkan informasi baru dengan pemahamannya yang sudah ada.
  5. Ketidakseimbangan merupakan faktor motivasi pembelajaran yang utama. Faktor ini berlaku apabila seorang pelajar menyadari gagasan-gagasannya tidak konsisten atau sesuai dengan pengetahuan ilmiah.
  6. Bahan pengajaran yang disediakan perlu mempunyai perkaitan dengan pengalaman pelajar untuk menarik miknat pelajar.

v

Tidak ada komentar:

Posting Komentar